Pemanfaatan Video Conference Bagi Desa Kenaman

Desa Kenaman, Sekayam, Sanggau, Kalimantan Barat – Desa Kenaman merupakan salah satu desa yang termasuk dalam Desa Broadband Terpadu dari Kementrian Komunikasi dan Informatika di kabupaten Sanggau yang berupa seperangkat peralatan untuk internet desa atau yang dikenal dengan nama  Desa Broasdband Terpadu pada tahun 2015. Selain untuk mencari informasi adanya akses internet ini juga dapat digunakan dalam media telepon audio visual atau video conference. Konektivitas itu dimanfaatkan oleh masyarakat dan perangkat Desa Kenaman untuk melakukan kegiatan video conference di kantor Desa Kenaman terhadap desa lain.

Menurut perangkat Desa Kenaman mengatakan bahwa “Confrence call dengan  desa-desa lain yang ada diwilayah Indonesia dan berjalan dengan lancar, baik dari segi grafis,audio, dan lain – lain. Adanya alat ini Desa Kenaman dapat terhubung langsung dengan desa – desa lain yang ada di indonesia serta bisa melakukan berbagi informasi tentang potensi desanya masing-masing seperti salah satu desa di daerah NTT.” Tutunya.

Hal ini merupakankegiatan yang menjajaikan karena setiap desa dapat berkoordinasi langsung mengenai apa saja bidang usaha yang ada, sehingga dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

“Saat ini pemerintah Desa Kenaman mengadakan kerjasama dalam bidang penjualan produk pertanian, perkebunan dan peternakan, karena bila dilihat dari produk pertanian yang dihasilkan para petani antara lain : Madu dan ternak sapi didaerah NTT ini sangat menjanjikan apabila komunikasi kedua kades terjalin dengan baik.” Tutur, perangkat Desa Kenaman.

Adanya koordinasi anta desa-desa di seluruh Indonesia diharapkan kedepannya para Kepala Desa di indonesia bisa berkomunikasi langsung dengan desa lain untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana cara memajukan desanya serta mengembangkan potensi yang ada di desa.


Sumber : kenaman.desa.id