Menembus Wilayah Pedesaan Untuk Kemajuan Indonesia

Desa Olilit Raya, Tanimbar Selatan, Maluku Tenggara Barat – Pada akhir tahun 2015 pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika , BP3TI beserta pihak provider atau penyedia perangkat merealisasikan program Desa Broadband Terpadu. Desa Olilit raya merupakan wilaah yang berada di daerah pedalaman yang sebelumnya belum pernah terakses internet. Internet sangat bermanfaat bagi seluruh laposan masyarakat baik pelajar, guru, aparat dan masih banyak yang lain. Sebelumnya guru-guru di Desa Olilit Raya harus datang ke kota untuk melakukan akses internet, tetapi dengan DBT mereka dapat mengakses dari desa.

Menurut guru PNS Desa Olilit, Miriam Onaola mengatakan bahwa “Sebelum ada inernet para guru di Olilit ini harus berjalan satu hari satu malam dan juga dengan ongkos yang tidak murah juga karena jarak yang jauh dari perkotaan.”

Saat ini memang pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informasika tengah gencar membangun di kawasan 3T (terluar, terpinggir, terdepan), salah satunya membangun Desa Broadband Terpadu (DBT) diantaranya di Kabupaten MTB dan MBD. Diharapkan ketertinggalan layanan akses internet di wilayah 3T ini bisa mulai terkikis.

Sumber: olilitraya.desa.id