Internet Membantu Proses Belajar Mengajar Masyarakat Desa

Desa Fulur, Lamaknen – Internet gratis yang merupakan program pemerintah untuk menghapus kesenjangan digital dan informasi merupakan salah satu cita-cita pemerintah untuk membantu memajukan dan mengembangkan masyarakat Desa. Seperti pada Desa Fulur, Internet banyak digunakan oleh siswa dan siswi untuk mencari bahan pembelajaran agar menunjang proses belajar mengajar disekolah. Proses belajar selain berasal dari guru-guru juga mendapatkan pembelajaran dari luar karena internet menyediakan referensi-refrensi mengenai pendidikan baik dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Menurut salah satu murid SMP Desa Fulur, Matias Maldini Bere mengatakan bahwa “Menggunakan internet untuk mencari tugas dan bahan pelajaran dan menonton youtube.”

Matias juga menambahkan bahwa fasilitas ini sangat membantu ia dan kawan-kawannya dalam proses belajar karena lebih mudah mencari materi pelajaran lewat internet ketimbang dengan buku

Program yang diberikan oleh pemerintah pusat ini memiliki dampak yang positif bagi masyarakat desa. Semenjak terdapat internet gratis, Desa Fulur banyak didatangi oleh warga, mulai dari orang tua, anak-anak sekolah bahkan ada juga yang datang dari desa tetangga.

Menurut Pandu Desa Fulur, Imaculata Lese mengatakan bahwa “Fasilitas ini harus dimanfaatkan secara positif oleh para siswa-siswi , jangan sampai hanya untuk menonton sinetron dan youtube saja, tetapi sebaiknya digunakan untuk mencari materi pelajaran.”

Pemberian akses internet gratis ini ditujukan kepada masyarakat yang berada di pedesaan dikhususkan untuk menunjang kegiatan sehari-hati, seperti melakukan bisnis online, mencari informasi, mencari bahan pembelajaran bagi siswa siswi hingga mahasiswa. Hal ini membuat masyarakat yang berada di pedesaan tidak tertinggal informasi oleh masyarakat yang berada di perkotaan.

Sumber : Website Desa Fulur