Kementrian Kominfo Memberikan Pelatihan Kepada Perwakilan Desa

Jakarta – Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bekerjasama dengan beberapa pihak yang terkait, menyelenggarakan Program Pelatihan dan Pendampingan SDM di Desa pada Tanggal 2-6 November 2015 bertempat di Hotel Acacia Jakarta Pusat. Sebanyak 50 Perwakilan Masyarakat Desa dari Perbatasan Indonesia datang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dari 50 Desa tersebut, mereka mewakili 7 Provinsi yang tersebar di Indonesia antara lain, Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Kepulauan Riau dan Riau.

Menurut Plt. BP3TI Dia Febriansyah mengatakan bahwa “Kehadiran Program Desa Broadband Terpadu bagi 50 Desa Perbatasan ini adalah saebagai pilot project di tahun 2015 untuk menghadirkan Negara di Batas Indonesia. Jika hal ini dinilai baik, maka kedepan akan ada sekitar 1000 desa yang akan didampingi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktifitas masyarakat melalui Informatika.”

Program Desa Broadband Terpadu “DBT” merupakan program yang diusung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk memajukan desa-desa yang berada di Indonesia. Hal ini dikarenakan untuk memberikan kebebasan masyarakat desa untuk mendapatkan informasi dengan mengakses internet. Desa Perbatasan di Indonesia yang menjadi Beranda Negara, karena memang selama ini keberadaan desa tersebut berada di daerah perbatasan, dan masih sangat kurang dirasakan. Dalam hal ini untuk mengakses informasi sangat terbatas dan terdapat kesenjangan antara masyarakat yang berada di desa dan perkotaan.

Sumber : Website Desa Tohe