Upaya Metrasat Untuk Membantu Masyarakat Pedesaan

Desa Cikadu, Cianjur, Jawa Barat, 1 Januari 2017 – Tidak henti-hentinya upaya metrasat bersama Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama BP3TI memberikan fasilitas akses internet  untuk mendukung kegiatan pedesaan di seluruh Indonesia. Sebagai anak buah perusahaan dari BUMN yaitu Telkom Indonesia, Metrasat yang merupakan penyedia jaringan komunikasi berbasis satelit VSAT (Very Small Aperture Terminal) berkomitmen untuk membantu dalam penyedia perangkat untuk dapat melakukan akses internet di daerah pedesaan seperti di Desa Cikadu, Jawa Barat ini.

 

Selain memberikan perangkat akses internet, Metrasat juga memberikan program yang bernama Program Desa Broadband Terpadu “PDBT” dan memberikan Sistem Informasi Desa berbasis online (website cikadu.desa.id) dan offline (App SIDeKa) yang bernama Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) yang telah dikelola oleh Pemerintah Desa Cikadu.

“Bapak Kades Cikadu bersama Bapak Danpos dan Putra Cikadu saudara Nuron yang memasang jaringan internet WiFi dikantor Desa Cikadu. Inilah atas hasil perjuangan Putra Cikadu yang begitu ikhlasnya untuk memajukan Cikadu. Thank’s saudara Nuron,” ungkap Kaur Umum, Mirat S.

 

Dengan aplikasi SIDeKa ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat dan pemerintah desa untuk dapat mempromosikan potensi dan produk desanya, menginformasikan kondisi desa, melakukan update tentang data kependudukan dan transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) secara terbuka kepada masyarakat, serta bentuk laporan kepada pemerintah daerah atau pusat.

 

“Terima Kasih kepada semua yang terus berjuang untuk desa – desa, sehingga desa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari negara dan merupakan yang terdepan di masyarakat. Bersama Badan Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) dan Kantor Staf Presiden (KSP) yang terus kerjasama dalam membangun desa, sehingga Desa Cikadu ( cikadu.desa.id ) diusulkan dalam Program Desa Broadband Terpadu (DBT) BP3TI - Kementerian KOMINFO Republik Indonesia sebagai implementasi Program Prioritas Nawacita Nomor 3”. Imbuhnya.

 

Sumber: Website Desa Cikadu