Desa Broadband Terpadu, Solusi Bagi Masyarakat Pedesaan

Desa Senaning, Ketungau, Siantang – Program Desa Broadband Terpadu “DBT” merupakan program yang ditujukan kepada masyarakat pedesaan untuk dapat memanfaatkan dan mengakses internet secara gratis guna membantu dalam kegiatan pedesaan. Program ini direncanakan oleh pemerintah pusat bekerjasama dengan Metrasat sebagai perusahaan satelit broadband satu-satunya milik anak buah BUMN di Indonesia yaitu Telkom yang memiliki cakupan internet terbesar di Indonesia untuk membantu kegiatan-kegiatan Desa.

 

Manfaat dari adanya Desa Broadband Terpadu ini dirasakan oleh pemerintah Desa Senaning Kabupaten Ketungau, Provinsi Kalimantan Barat untuk membantu dalam proses penginputan data  yang berhubungan dengan kinerja Desa dan juga instansi lain.

 

Bendahara Puskesmas Desa Senaning, Doni mengatakan “Internet Desa ini sangat membantu kami dalam pekerjaan Pengentryan Data BPJS karena data ini bersifat Online, adanya Desa Broadband Terpadu (DBT) di Desa Senaning sudah sangat membantu kami, terima kasih KOMINFO RI atas pelayanannya kepada masyarakat.”

 

Peran dengan adanya internet sangatlah penting bagi masyarakat luas karena untuk membantu memajukan masyarakat yang berada di perkotaan maupun di pedesaan. Segala informasi telah tersedia di dalamnya sehingga dapat membantu sesorang dalam kegiatan sehari-hari.

 

“Dilihat dari peran Internet memang sangat-sangat membantu, tidak hanya Pemerintahan Desa, namun Instansi-instansi lain yang memang memerlukan jaringan untuk bekerja menjadi ada solusi walaupun pemakaiannya bergiliran”, Imbuhnya

 

Program yang telah dibuat sekitar dua tahun yang lalu ini tidak hanya membantu dalam bidang penginputan data dari Desa Senaning, tetapi juga dalam hal yang berkaitan dengan merubah kebiasaan masyarakat desa. Secara tidak langsung Internet dapat juga merubah kebiasaan masyarakat yang sebelumnya tidak tahu Internet menjadi tahu akan Informasi Daring (dalam jaringan) secara global.

Sumber : Website Desa Senaning