Program Kominfo Galangkan Solusi Desa Broadband Terpadu

JAKARTA - Dalam rangka mengembangkan masyarakat pedesaan sekaligus memacu kreativitas inovator muda di bidang pendidikan teknologi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT).

Para inovator muda ditantang untuk mencari solusi dalam bentuk video yang berisi gagasan pemecahan masalah pada desa-desa tertinggal. Peserta diharapkan mengunggah video berdurasi tiga menit melalui platform YouTube. Panitia akan memilih 50 ide terbaik untuk masuk ke dalam babak perwujudan ide.

"Kami mengharapkan program ini dapat membantu perkembangan desa sekaligus membantu distribusi hasil pertanian," ucap Ir Ismail, Direktur Telekomunikasi Khusus Kominfo dalam paparannya di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Sasaran dari program ini adalah desa yang masuk dalam kategori 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Dari data statistik yang dihimpun 26 persen desa dari total 74.094 desa masih masuk dalam kategori tertinggal. Kominfo menargetkan total 500 desa akan terbantu program ini di tahap awal.

Periode submisi ide akan berlangsung dari 15 April sampai 21 Mei 2016. Pengumuman pemenang akan diumumkan melalui www.solusi.broadband-desa.go.id pada 28 Mei 2016.

Sumber: Tekno Okezone