Upaya Pemerintah Menjangkau Desa-desa

Kualitas broadband menjadi salah satu cerminan majunya suatu bangsa, kini broadband adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan utama saat ini. Semua kegiatan saat ini memang sangat membutuhkan layanan broadband, dari mulai mencari hiburan, berbelanja bahkan hingga bekerja, akses layanan broadband menjadi suatu yang sangat penting.

Indonesia kini telah berbenah untuk memperbaiki kualitas broadbandnya, meski masih tertinggal dengan kualitas broadband di Negara tetangga, namun kini sedikit demi sedikit semuanya kini mulai diperbaiki. Broadband menjadi salah satu faktor penunjang majunya kualitas perekonomian disuatu Negara. Saat ini hampir semua kegiatan perekonomian memang membutuhkan layanan broadband.

Begitu pula dengan beberapa desa yang masih tertinggal, layanan broadband menjadi salah satu solusi agar desa-desa di Indonesia menjadi lebih maju dan tidak tertinggal. Dengan mudahnya mendapatkan layanan broadband, nantinya masyarakat dipedesaan dapat mengakses beragam informasi untuk memajukan desanya, mungkin dari bercocok tanam bahkan hingga berbisnis.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan akan segera meluncurkan desa broadband di kawasan nelayan, pertanian, dan pedalaman.

"Kita lagi proses, kita sudah nambahin jaringan," katanya di Jakarta.

Ketiga desa tersebut yakni Desa Balsiku di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Desa Silawan di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Desa Rawabiru di Kabupaten Merauke, Papua. Ia mengatakan, untuk di NTT, desa broadband untuk pertanian, di Nunukan desa nelayan dan di Merauke untuk desa pedalaman.

Menurut dia, desa broadband merupakan upaya pemerintah menjangkau desa-desa agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna meningkatkan kesejahteraannya. Di wilayah nelayan misalnya, dengan adanya jangkauan internet melalui program tersebut, maka nelayan dapat dibantu menangkap ikan dengan aplikasi yang khusus disediakan agar tangkapan meningkat. Seperti aplikasi untuk mengetahui cuaca, tinggi gelombang dan tempat plankton (makanan ikan) berada.

"Di wilayah pertanian, dengan adanya broadband nanti ada aplikasi yang dikembangkan untuk membantu monitor pemeliharaan tanaman," katanya.

Direktur Telekomunikasi Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail Ahmad mengatakan, desa broadband tersebut akan menjadi percontohan. Desa broadband nantinya bekerjasama dengan berbagai pihak. Kominfo, menurut dia, akan menyediakan infrastrukturnya seperti peralatan layar, pc komputer dan penyediaan internet. Pemerintah daerah akan menyediakan lahan, biaya pemeliharaan operasi. Sementara aplikasi diharapkan akan diisi oleh para pengembang lokal. Aplikasi - aplikasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa itu.

Sumber: http://www.neraca.co.id/article/57068/upaya-pemerintah-menjangkau-desa-desa-desa-broadband