438 Desa di Yogyakarta Akan Nikmati Internet Gratis di Tahun 2020

Yogyakarta - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mentargetkan pada tahun 2020 seluruh desa serta kelurahan di DIY akan mendapatkan akses internet pada tahun 2020.

Menurut Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, salah satu yang diatur dalam draft akademis Raperda tersebut diantaranya dimulainya program jangkauan internet gratis untuk seluruh daerah di DIY. Salah satunya adalah pemanfaatan CCTV untuk membantu kebencanaan.

"Dalam program ini disusun juga pada tahun 2020 seluruh kelurahan di DIY terjangkau jaringan internet dan harapannya jaringan internet ini dapat mendorong kesejateraan masyarakat DIY. Karena saat ini kegiatan perekonomian banyak yang dilakukan oleh pemanfaatan teknologi informasi," Ungkapnya disela-sela kegiatan.

Hal serupa diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY, Rony Primanto mengatakan, pihaknya akan segera membangun broadband internet yang menjangkau para pelaku UMKM dan daerah pariwisata di daerah terpencil.

"Kita akan segera kembangkan wilayah pegunungan di Kulonprogo dan Gunungkidul yang tidak bisa dijangkau internet atau blank spot area. Kami berikan akses internet secara gratis sekaligus dengan pelatihan pemasaran secara digital. Targetnya dimulai pada tahun 2019 dan 2020 semua kelurahan serta desa dapat diakomodasi" Papar Roni.

“Bantuknya melalui jaringan wifi gratis dan masyarakat bisa memanfaatkan internet tersebut untuk pemasaran produknya. Kita berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan program ini” Tambah Roni.

Pemerintah Daerah DIY akan memfasilitasi akses internetnya dan infrastruktur akan dibuat oleh Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Kota Setempat.

Sumber: krjogja.com