UGM Luncurkan DesaApps Untuk Pemberdayaan Petani

Sulawesi Selatan - Untuk memudahkan petani di era modernisasi seperti ini, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Gamatechno Indonesia mengembangkan penyuluhan secara digital untuk membentuk aplikasi yang diberinama DesaApps.

Gamatechno Indonesia adalah perusahaan yang memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintahan dan industri bisnis.

Aplikasi DesaApps dikembangkan pada tahun 2016 dan saat ini sudah memiliki lebih dari 10.000 pengguna aktif dan resmi diluncurkan pada tanggal 14 Agustus 2018 di Desa Rumbia, Sulawesi Selatan.

Menurut Dosen Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian UGM, Alia Bihrajihant Raya, S.P., M.P., Ph.D yang dilansir pada Website UGM, mengatakan bahwa "Sesuai dengan slogan DesaApps Satu Jari Beragam Informasi maka aplikasi ini diharapkan mampu memudahkan petani untuk mendapatkan informasi mulai dari pra-produksi, produksi, pasca produksi dan pemasaran,”.

Menurut beliau, aplikasi DesaApps dapat membantu petani dalam mencari informasi, memberikan solusi, dan mencatat hasil tani yang dimilikinya.

Pelatihan yang diberikan meliputi materi literasi internet yang langsung dijelaskan oleh Alia, dan untuk materi pemanfaatan ponsel serta peningkatan produktivitas, disampaikan oleh Dosen Departemen Ilmu Komunikasi, Syafrizal, S.IP., M.A.

Tak kurang dari 40 petani dari 5 dusun di Desa Rumbia antusias untuk mengikuti pelatihan ini. "Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Diharapkan peserta bisa langsung menyebarluaskan pemanfaatan DesaApps kepada masyarakat sekitar. Sehinga pengguna DesaApps semakin banyak," Terang Alia.

Turut hadir dalam peluncuran aplikasi DesaApps yakni Dr. Ir. Sri Nuryani Hidayah Utami, SU., M.Sc., sebagai Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UGM. Selain itu dilakukan bersamaan dengan piloting aplikasi pertanian dilakukan atas kerja sama UGM dengan BP3TI dalam program solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT).

"Besar harapan dari pemanfaatan aplikasi DesaApps bagi petani adalah meningkatnya kesejateraan petani melalui berbagai informasi, pemberian solusi akurat dan pemanfaatan pemasaran baginya" pungkas Alia.

Sumber