Mangoesky Turut Membantu Penanggulangan Gempa di Lombok

Lombok – Kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) diguncang dua gempa hebat dalam sepekan. Gempa pertama, terjadi pada hari Minggu 29 Juli 2018, dengan kekuatan gempa 6,4 Skala Richter dan selang sepekan, pada Minggu malam 5 Agustus 2018, gempa mengguncang kembali dengan kekuatan yang lebih besar, yakni hingga 7 Skala Richter.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lokasi sumber gempa di kedalaman 10 kilometer pada posisi 9.73 Lintang Selatan dan 115.62 Bujur Timur di Samudra Hindia Selatan di Pulau Bali dan Lombok.

Dalam gempa tersebut mengakibatkan puluhan korban jiwa, rusaknya rumah-rumah warga, hingga terganggunya jaringan komunikasi Internet.

Badan SAR Nasional (Basarnas) turut membantu proses evakuasi para korban dengan membangun ternda-tenda darurat yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat di Lapangan Supersemar Tanjung, NTB.

Pada Kesempatan kali ini, PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk menerjunkan tim untuk membantu Basarnas dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi satelit (internet satelit).

Menurut Bapak Akbar, salah seorang karyawan Mangoesky mengatakan bahwa, “Internet satelit memang dikenal sebagai satu-satunya solusi telekomunikasi di wilayah pedalaman, terutama dalam penanggulangan bencana”.

“Keberadaan internet satelit ini diharapkan dapat membantu Basarnas secara maksimal dalam penanggulangan bencana gempa bumi NTB” Tambahnya.