Kebumen Kembangkan Daerah Melalui Pelatihan Desa Berbasis Digital

Kebumen - Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini sudah masuk ke desa terpencil, salah satunya adalah Desa Tambakprogaten di Kebumen. Bahkan Desa Tambakprogaten ini termasuk desa yang terpilih sebagai Desa Broadband Terpadu. Terpilihnya Desa Tambakprogaten ini merupakan langkah pemerintah Kabumen untuk mengembangkan potensi desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Langkah ini secara resmi dinamakan dengan Gerakan Desa Digital Kebumen 2020 yang dilaunching oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Minggu (6/5/2018).

Melalui gerakan ini diharapkan masyarakat selaku pelaku usaha didorong untuk memanfaatkan fasilitas internet guna mempromosikan usahanya melalui digital marketing. Digital maketing dipilih untuk saat ini karena model pemasaran secara digital saat ini memberikan efek yang cukup besar bagi roda bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Wahyu Pratama, salah seorang penggagas Desa Digital yang diberi nama Dodolan Digital mengungkapkan, Keterlibatan masyarakat dalam program ini sangat harapkan sehingga meningkatkan pendapatan yang berujung pada kesejahteraan masyarakat, serta sebagai pemanfaatan ilmu diera digital.

Disamping itu, pihaknya juga saat ini masih rutin mengikuti pameran-pameran UMKM guna memaksimalkan pemasaran.

Sumber