Kabupaten Tasikmalaya Kembangkan Desa Cerdas Internet

Singaparna, Tasikmalaya - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tasikmalaya, merencanakan program yang dikhususkan untuk mendorong pengembangan desa cerdas internet. Program ini dinilai sebagai upaya membangun desa di berbagai sektor.

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya, Yusep Yustisiawandana, pihaknya sedang melakukan pengembangan desa cerdas wisata dan harapannya desa-desa itu bisa memanfaatkan teknologi informasi.

Lebih lanjut Yusep juga menuturkan, Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya akan memfokuskan pada lima desa untuk menjalankan program tersebut sesuai dengan status desa yang ditetapkan pemerintah pusat sebagai "Desa Broadband".

Desa tersebut yakni Desa Rancapaku di Kecamatan Padakembang, Desa Papayan di Kecamatan Jatiwaras, Desa Karyawangi di Kecamatan Salopa, Desa Kiarajangkung di Kecamatan Sukahening, dan Desa Pusparaja di Kecamatan Cigalontang.

"Sementara ini kami tengah mengembangkan lima desa sesuai program pemerintah pusat. Rancangan tersebut guna mendukung program pengembangan desa cerdas internet," ujar Yusep yang didampingi Kepala Seksi LPSE, Aplikasi dan Database, Eka Prasetya Esabara.

Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya memang tengah gencar membangun infrastruktur jaringan internet. Tower-tower pemancar internet sudah tersedia pada setiap kecamatan untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh desa.

Setelah jaringan sudah terbangun di Kecamatan, selanjutnya masyarakat dapat memanfaatkan dengan membuat situs website desa.

“Kalau sudah dipasang tower, memungkinkan bisa dimanfaatkan oleh desa untuk membuat website para pelaku usaha di desanya,” imbuh Yusep

Yusep juga mengungkapkan, Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi pihaknya tengah melakukan pendampingan bagi sumber daya manusia desa untuk dapat memahami dan mampu mengoperasikan teknologi berbasis Internet.

"Kalau nanti sudah punya website maka masyarakat atau pelaku usaha di desa bisa memposting produknya, dan bisa berhubungan langsung dengan konsumen sehingga tidak akan ada lagi yang namanya calo atau tengkulak," Papar Yusep.

Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya berharap, pemanfaatan teknologi informasi hingga ke desa-desa itu dapat membangun sumber daya alam, ekonomi, hingga berdampak meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat desa.

Sumber : Fakta News