Tiga Desa di Kabupaten Boltim Sulawesi Utara Segera Nikmati Jaringan Internet

Boltim, Sulawesi Utara - Tiga Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menikmati jaringan signal Internet tahun 2018 ini. Safrial Manangin, Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Boltim, mengatakan tiga daerah tersebut ialah Matabulu, Nuangan, dan Motongkad. Jaringan yang akan digunakan adalah satelit bukan kabel ujarnya (14/3/2018).

Dinas Komunikasi dan Informatika Boltim akan menggunakan Layanan Internet dari Metrasat yaitu Mangoesky. Mangoesky merupakan solusi jaringan internet berbasis satelit untuk wilayah rural atau sub urban yang tidak terjangkau layanan kabel ADSL, Fiber, maupun mobile kecepatan tinggi.

Daerah-daerah yang tidak ada jaringan signal ialah Jiko Belanga, Matabulu, Kokapoy, dan Bukaka dan sebagian daerah Motongkad. Bukan hanya sekedar internet yang sulit, namun untuk koneksi telepon juga kurang jelas. Salah satu warga Motongkad sudah sempat berinisiatif menyurat ke operator seluler untuk membangun menara komunikasi, namun pihak operator seluler masih harus menunggu persetujuan pusat.

Di Motongkad memang memiliki banyak blank spot. Warga harus mencari tempat di mana bisa menerima jaringan seluler. Mendapatkan jaringan tergantung "kemujuran". Apalagi untuk internetan, kondisi seperti itu menganggu beberapa pekerjaan yang membutuhkan informasi cepat. Namun dengan adanya Jaringan Intenet yang akan masuk ke Kabupaten Boltim ini nantinya, warga sangat berharap permasalahan akan berkomunikasi dan mendapatkan informasi menjadi terselesaikan.