Desa Tanah Merah Menjadi Desa Melek Internet

Desa Tanah Merah, Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, Riau – Saat ini Desa Tanah Merah telah menjadi desa yang melek internet. Pada tahun 2015 yang lalu Desa Tanah Merah termasuk dalam salah satu dari 50 desa se-Indonesia yang mendapat bantuan perangkat internet berserta jaringanya yang disebut dengan "Program Desa Broadband Terpadu", Program ini merupakan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan sumberdaya manusia yang ada diseluruh pelosok desa yang berada diwilayah kesatuan republik indonesa dalam bentuk, bantuan sarana dan prasarana TIK.

Menurut salah satu warga Desa Tanah Merah mengatakan bahwa “Masyarakat Desa Tanah Merah tidak lagi hanya membayangkan bagaimana dan apa itu, tapi masyarakat Desa Tanah Merah hari ini menjadi pelaku penggunaan media telekomunikasi dan informasi tersebut.” Ujarnya.

Adanya program Desa Broadband Terpadu masyarakat Desa Tanah Merah dapat  menyampaikan informasi desa baik berupa aspirasi ( usulan desa ) potensi desa sampai dengan permasalahan yang ada di desa.

Menurut Kepala Desa Tanah Merah, Rusli mengatakan bahwa “Permasalahan desa yang sejak lama belum terselsaikan yaitu masalah bencana abrasi. Adanya jaringan telekomunikasi ini permasalahan yang selama ini di hadapi Desa Tanah Merah sudah mulai menemui titik terang. Bencana abrasi Desa Tanah Merah ini sudah sampai di pemerintah pusat dan sudah menjadi wacana pemerintah pusat untuk menanganinya berkat internet.” Tuturnya.

Pada dasarnya pemerintah desa dan masyarakat Desa Tanah Merah sanggat terbantu sekali dengan adanya jaringan telekomunikasi ini, dengan harapan jangkauan internet jaringan di perluas oleh pemerintah pusat.