Internet Masuk Desa. Dukung Usaha Nelayan

Bisnis.com, ATAMBUA - Program Internet masuk desa yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berdampak positif bagi masyarakat pesisir Nusa Tenggara Timur (NTT). Nelayan dari Kampung Wini, Kabupaten TTU mengatakan bisa mengandalkan jaringan internet untuk melancarkan kegiatan jual beli hasil laut tangkapannya. Tak hanya itu, jaringan Internet dari Telkomsel di wilayah perbatasan RI-RDTL ini ternyata juga berguna untuk mengawasi harga.

"Banyak manfaat dari jaringan yang ada ini. Banyak juga nelayan yang bermain FB (Facebook) di tengah laut," ujar Selsus Atong salah seorang nelayan Kampung Wini. Sebelumnya, General Manager ICT Operation Telkomsel Regional Bali dan Nusa Tenggara Danny A Triawan mengatakan dalam dua belas hari pihaknya akan meningkatkan konektivitas sinyal 2G menjadi 3G di sejumlah area perbatasan RI-Timor Leste. "Jadi kurang dari 12 atau 10 hari kami akan mengupgrade kapasitas sinyal dari 2G menjadi 3G," kata Danny. 

Tujuan upgrade 3G ini adalah salah satu bentuk implementasi komitmen Telkomsel sebagai provider yang menjangkau hingga tingkat kecamatan dan daerah perbatasan. Selain itu, Danny menjelaskan, permintaan akan signal di kawasan perbatasan NKRI-Timor Leste ini memang mengalami peningkatan khususnya permintaan jaringan internet.

Sumber : http://industri.bisnis.com/read/20151029/101/487091/internet-masuk-desa-dukung-usaha-nelayan