Pelajar di Oirata Barat Merasakan Manfaat Desa Broadband Terpadu

Desa Oirata Barat, Pulau Terselatan, Maluku Barat Daya, Maluku – Adanya program Desa Broadband Terpadu bagi masyarakat Desa Oirata Barat, Kecamatan Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku merupakan kabar baik bagi mereka. Mereka dapat melakukan akses internet yang bertujuan untuk mencari segala informasi yang berkaitan dengan peternakan, perikanan, usaha, pemasaran desa, edukasi dan lain-lain. Kegiatan ini bagi pemerintah agar mereka dapat berkembang untuk mensejahterahkan desa agar tidak tertinggal oleh desa-desa lain. Banyak masyarakat yang masih usia-usia pelajar datang untuk mengakses internet untuk mencari informasi untuk membantu kegiatan belajar disekolah.

Menurut salah satu masyarakat Desa Oirata Barat mengatakan bahwa “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah karena program ini dangat membantu kami sehingga kami dapat mencari berbagai informasi. Sebagai contohnya bagi anak-anak yang masih sekolah ini di Oirata Barat Oirata Timur mereka selalu mengakses internet untuk membantu kegiatan belajar sekolahnya.” Imbuhnya.

Desa Broadband Terpadu merupakan progarm pemerintah pusat melalui Kementrian Telekomunikasi dan Informatika bersama BP3TI yang bekerjasama dengan penyedia perangkat. Program ini agar mereka mendapatkan  perangkat akses internet gratis kepada masyarakat yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

“Harapan kedepan bagi kami untuk pemerintah agar diberikannya perluasan jaringan agar Meraka di sekolah bahakan di rumah bisa langsung mengunakan wifi dari Desa Oiarat Barat tanpa jauh-jauh ke Oirata Barat dan adanya pelatihan lebih mendalam dari penggunaan teknologi.” Tuturnya.

Program ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi kesenjangan digital dan informasi, karena informasi dapat di akses melalui internet untuk membantu kegiatan masyarakat pedesaan. Diharapkan kedepan agar masyarakat pedesaan mampu memaksimalkan pemanfaatan dari adanya akses internet gratis dari pemerintah ini.